5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol di Shopee

Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol di shopee? Seperti yang Anda ketahui, cara berjualan di shopee tidak sama dengan jualan pada umumnya, dimana harus memiliki toko fisik, penjual hanya perlu membuka toko online di shopee secara gratis.

Hal inilah yang membuat peluang bisnis online semakin populer karena penjual tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa toko fisik, sehingga bisa dijalankan dengan modal yang minim. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini. 

5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol di Shopee

Bagi Anda yang berencana untuk memulai bisnis toko online, Anda dapat menggunakan shopee sebagai platform yang efektif untuk berjualan. Selain dikenal banyak orang, berjualan di shopee juga mudah dan praktis. 

Nah, ada beberapa langkah yang harus Anda lalui untuk mulai berjualan di shopee, yaitu:

1. Membuat Akun Shopee

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki akun di aplikasi Shopee. Tanpa langkah ini, Anda tidak akan dapat untuk melakukan proses jual beli. Caranya sangat mudah yaitu menggunakan email dan nomor handphone yang aktif. 

Kemudian mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap. Setelah beberapa saat, Anda akan mendapatkan email aktivasi yang berisi kode OTP. Langsung saja, masukkan kode OTP untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

2. Membuka Toko

Cara memulai bisnis online dari nol di shopee yang kedua yaitu mulai membuka toko online Anda. Caranya adalah:

  • Kunjungi situs Shopee di peramban
  • Klik "Jual" di pojok kiri atas
  • Lalu isi profil toko yang meliputi nama, deskripsi, foto profil, dan juga banner

Jangan lupa untuk memasukkan nomor rekening bank yang aktif atau yang akan Anda gunakan untuk mengambil dana di Shopee. Hal ini penting agar Anda bisa mencairkan pendapatan yang Anda dapatkan selama berjualan di Shopee.

3. Tentukan Harga yang Bersaing

Tentunya orang yang berbelanja akan selalu mencari harga yang paling murah, sehingga Anda juga harus bisa menentukan harga yang kompetitif untuk setiap produk Anda.

Promo dan diskon juga menjadi senjata ampuh untuk mengundang calon pembeli. Voucher ini akan ditampilkan di beranda toko Anda, dan biasanya syarat untuk mendapatkannya adalah orang harus mengikuti toko Anda terlebih dahulu.

4. Mengunggah Produk

Kunci dari cara memulai bisnis online dari nol di shopee adalah memiliki tampilan visual yang menarik. Pastikan gambar yang Anda upload dapat terlihat dengan jelas, tidak buram, dan jika memungkinkan Anda dapat menggunakan bantuan model yang menarik. 

Namun, pastikan produk yang Anda unggah di Shopee tidak termasuk barang yang dilarang oleh shopee. Selain memperhatikan foto produk, Anda juga perlu mengisi atribut produk dan memberikan penjelasan detail mengenai produk yang dijual. 

Misalnya nama/merk produk, ukuran, warna, ukuran, teknis pengiriman produk, dan sebagainya. 

5. Promosikan Produk

Cara lain untuk berjualan di shopee yang perlu diperhatikan adalah menyusun strategi promosi. Promosi ini penting agar dagangan Anda dilirik oleh calon konsumen.

Promosi bertujuan agar dagangan Anda dilirik oleh calon konsumen. Setiap 4 jam sekali, shopee memberikan kesempatan kepada penjual untuk 'meningkatkan' produknya. 

Anda juga dapat membagikan tautan toko dan produk melalui berbagai media sosial untuk meningkatkan penjualan.

Penutup

Demikian 5 cara memulai bisnis online dari nol di shopee yang bisa diikuti dengan mudah. Dengan berjumlah online, Anda sudah bisa memperoleh pundi-pundi rupiah tanpa harus keluar rumah. Semoga bermanfaat.

Diskusi