5 Perbedaan Poster dan Infografis yang Perlu Anda Ketahui

Media untuk promosi atau menyebarkan informasi ada beragam jenisnya. Dua diantaranya yang cukup populer yaitu media poster dan infografis. Banyak yang menyamakan kedua media ini. Padahal, ada beberapa perbedaan poster dan infografis yang mesti Anda ketahui.

Mengenal Poster dan Infografis

Bagi Anda yang beriklan atau menyebarkan info mengenai suatu event mesti tahu perbedaannya agar Anda tidak salah pilih nantinya. Artikel kali ini akan membagikan informasi yang Anda butuhkan tentang kedua media tersebut. 

1. Pengertian

Ditinjau dari pengertiannya terdapat perbedaan poster dan infografis. Poster adalah media yang memuat pengumuman ataupun iklan yang bisa berupa himbauan atau ajakan untuk melakukan suatu hal. 

Poster lebih bertujuan untuk menggerakkan atau memotivasi orang-orang yang melihat poster tersebut.

Sedangkan infografis adalah media yang memuat informasi dalam bentuk data berdasarkan fakta. Hanya saja penyampaiannya informasinya dibuat terlihat lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang-orang yang melihat infografis tersebut.

2. Tampilan

Dari segi tampilan, jika dilihat secara seksama, antara poster dan infografis jelas berbeda. Poster umumnya tampil dengan satu gambar besar dengan tambahan gambar hingga emoji tertentu. 

Sedangkan infografis menampilkan lebih banyak data dengan porsi gambar yang lebih sedikit. 

Jadi, kalau poster menonjol dengan gambar besarnya dengan tampilan teks lebih sedikit. Berbeda dengan infografis yang berisi suatu informasi yang diuraikan secara singkat dan padat dan penggunaan gambarnya hanya sedikit.

3. Peruntukan

Umumnya poster diperuntukkan untuk mempromosikan produk atau jasa. Media untuk mengumumkan suatu event besar. Bisa juga digunakan oleh para seniman sebagai media untuk menuangkan kreativitasnya.

Infografis diperuntukkan untuk memudahkan orang-orang memahami suatu informasi atau data. Karena tampilannya dibuat lebih menarik, jadi diharapkan orang akan lebih berminat untuk mengetahui informasi yang disampaikan dalam tampilan infografis.

4. Jenis

Poster dan infografis juga bisa dibedakan dari jenis-jenisnya. Poster memiliki jenis yang beragam jika dibandingkan dengan infografis. 

Jenis-jenis poster berdasarkan isinya diantaranya yaitu, poster niaga, poster kegiatan, poster pendidikan, poster karya seni, dan poster layanan masyarakat. 

Sedangkan untuk jenis poster berdasarkan tujuannya diantaranya yaitu: poster kampanye, poster, propaganda, poster film, poster, komik, poster 'dicari', poster kelas, dan poster riset.

Infografis umumnya hanya ada 3 jenis yaitu infografis statis, infografis animasi, dan infografis interaktif.

5. Detail yang Perlu Jadi Perhatian

Perbedaan poster dan infografis juga dapat ditinjau dari detail yang perlu jadi perhatian saat membuat kedua media ini. 

Pada poster yang lebih menonjolkan gambar, Anda harus mempertimbangkan pemilihan gambar dan ukuran yang tepat untuk menarik perhatian orang-orang. 

Pemilihan warna juga penting, dan perlu diperhatikan juga pilihan kata-kata yang tepat, singkat, padat, dan jelas untuk menyampaikan tujuan dari poster.

Pada infografis Anda perlu memberi perhatian lebih pada pemilihan dan penampilan teks. Anda harus memvisualisasikan data dalam bentuk teks dan gambar dengan baik. 

Pemilihan warna, jenis, dan ukuran font menjadi penting. Anda perlu mempertimbangkan target audiens yang menjadi sasaran pembaca. 

Penutup

Selain poster dan infografis masih ada jenis media publikasi lainnya yang juga bisa Anda pertimbangkan. Pilihlah yang paling sesuai dengan tujuan publikasi Anda. 

Perbedaan poster dan infografis yang telah banyak dibahas bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih media yang paling tepat.

Diskusi