8 Jenis Konten Media Sosial yang Bisa Dicoba

Ada berbagai pilihan konten media sosial yang bisa dibuat oleh para pengguna media sosial. Karena, tidak mungkin membuat berbagai jenis konten sekaligus. Ada baiknya, untuk fokus pada satu jenis konten saja dan meningkatkan kualitasnya setiap upload. 

Kadang para pengguna media sosial yang ingin meningkatkan kontennya merasa kebingungan. Kira-kira desain konten medsos yang bagaimana yang sesuai untuk platformnya. Selain itu, bisa memaksimalkan audience dan mengikuti di media sosial.

8 Jenis Konten Media Sosial

Ada banyak pilihan konten dari media sosial dan tidak semuanya bisa dibuat. Memilih salah satu jenis konten dan memaksimalkannya adalah pilihan yang masuk akal. Karena itu, sebelum mulai membuat konten. Para pengguna media sosial harus menentukan lebih dulu. 

Kira-kira jenis konten seperti apa yang paling cocok untuk dibuat dan dimaksimalkan di platformnya. Karena itu, para pengguna media sosial perlu mengenal lebih dahulu, jenis konten yang bisa diupload di media sosial. 

1. Video Live Streaming 

Sekarang ini banyak platform media sosial yang menyediakan fitur live streaming. Terutama, aplikasi yang berbasis video misalnya saja Vine, Skype, YouTube, TikTok dan berbagai aplikasi lainnya. Bahkan, aplikasi yang tidak berbasis video pun juga menyediakan fitur ini. 

Seperti Instagram dan Twitter yang menyediakan fitur live. Live streaming merupakan jenis siaran langsung pada suatu aktivitas atau event yang sedang berlangsung. Para pengikut akan mengikuti video secara real time setelah masuk ke dalam ruangan live streaming. 

Live streaming bisa menjadi salah satu alternatif pemasaran yang efektif. Namun, pelaksanaannya harus dengan perencanaan yang matang. Karena jenis konten ini sangat bergantung dengan trafik dan ketertarikan para penonton dengan konten live. 

2. Video Vlog 

Sama seperti live streaming, Vlog juga merupakan konten media sosial yang berbasis video. Namun, berbeda dengan video live streaming yang disiarkan secara langsung dan bisa ditonton secara realtime. Vlog merupakan jenis video yang diupload dan ditonton kapanpun. 

Vlog sendiri merupakan jenis konten video yang spesifik. Dalam konten ini, perlu dibentuk sebuah narasi yang mengajak para audiencenya untuk mengikuti keseharian tokoh publik yang membawakan vlog tersebut. 

Jika hanya bercerita dan menunjukkan keseharian saja pasti akan membuat video kurang menarik. Karena itu, diperlukan juga kreasi seperti penambahan efek suara, teks, dan berbagai fitur yang lainya. Jadi, penonton bisa menjadi lebih tertarik. 

3. Konten Gambar Meme 

Meme adalah gambar dengan unsur humor yang bisa menarik banyak orang. Meme sendiri bukan hal baru dalam dunia digital. Bahkan, meme sudah eksis sejak tahun 1980-an dan banyak digemari sebagai konten. 

Meme bisa menjadi attention grabbers content yang efektif. Karena jenis konten ini sangat menyenangkan, mudah dikenali, dan juga mudah dipahami. Dengan konten yang sesuai, kehadiran meme bisa sangat menghibur dan menarik perhatian para pengguna media sosial. 

Jika para pengguna media sosial ingin mencoba untuk meningkatkan media sosialnya melalui meme. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, misalnya tentang humor yang sedang trend, atau gambar-gambar meme yang memang sedang digemari. 

4. Memberikan Hadiah dengan Giveaways 

Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah atau barang yang diinginkan secara cuma-cuma?. Pastinya banyak orang yang ingin hal seperti itu bisa terjadi. Karena itu, banyak pengguna media sosial yang tertarik dengan konten giveaway. 

Konten media sosial ini pada prinsipnya memberikan hadiah pada para pengikut dan audiens konten. Namun, para pengikut atau audiens harus mengikuti syarat tertentu jika ingin mendapatkan hadiah tersebut. 

Syaratnya misalnya seperti memfollow akun, memberikan like pada postingan tertentu, menyebarkan post, dan sebagainya. Dengan begitu, akan meningkatkan aktivitas akun media sosial yang dimiliki. Menambah pengikut, meningkatkan jumlah like, dan sebagainya. 

Namun, para pengguna media sosial harus menyiapkan modal yang besar. Kemudian, barang yang menjadi hadiah giveaway harus merupakan barang yang diminati oleh banyak orang. 

5. Tutorial Untuk Melakukan Aktivitas Tertentu 

Sekarang ini orang-orang mencari berbagai informasi melalui media sosial. Apalagi, untuk aktivitas-aktivitas tertentu yang mungkin harus dipelajari terlebih dahulu. Jika para pengguna memiliki pengetahuan lebih, bisa menjadikannya sebagai bahan konten tutorial

Jenis konten ini tidak hanya sekedar bisa meningkatkan aktivitas di media sosial saja. Namun juga, bisa berguna bagi para pengikut dan orang yang melihat kontennya. Karena bisa membantu para audience untuk melakukan suatu aktivitas. 

Konten ini bisa berbentuk tulisan, namun banyak orang yang lebih tertarik jika konten ini berbentuk video yang menarik dan interaktif. Contoh dari konten ini seperti tutorial make up, tutorial memilih baju, dan berbagai tutorial lainnya, sekiranya dibutuhkan oleh orang lain. 

6. Video Review Barang 

Banyak orang sekarang yang mencari konten video review barang terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu. Hal ini untuk memastikan barang yang dibeli memang sesuai dengan kebutuhan atau harapan. Karena itu, video review barang termasuk konten yang menarik. 

Namun, untuk memastikan bahwa banyak orang tertarik untuk melihat video. Para pemilik media sosial harus bisa memilah barang yang akan direview. Pastikan barang yang direview merupakan barang yang diminati banyak orang. 

Selain itu, untuk meningkatkan ketertarikan para pengguna media sosial yang lain. Update terus barang-barang populer dan sedang hits. Jenis konten media sosial ini tidak hanya bisa menarik minat banyak orang saja. Namun juga, berguna bagi orang yang membeli barang.  

7. Podcast 

Podcast sebenarnya bukan jenis konten media sosial yang baru dan sudah banyak dilakukan sejak dulu. 

Namun, perlu diakui bahwa jenis konten ini sedang sangat populer akhir-akhir ini. Bahkan, banyak orang menganggap bahwa konten podcast merupakan konten radio yang baru. 

Karena sifat podcast yang bisa on demand. Sekarang banyak sekali orang yang membuat konten podcast karena memang sedang populer. Namun, jenis konten ini tidak bisa begitu saja dibuat. Harus ada perencanaan yang matang pada kontennya. 

Banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat konten podcast. Mulai dari Facebook, Twitter, bahkan ada beberapa pengguna media sosial yang membuat konten podcast di media sosial yang berbasis video seperti Youtube. 

8. Konten User Generated 

Jenis konten media sosial ini sebenarnya termasuk yang cukup mudah untuk dilakukan. Karena para pengguna media sosial tinggal mengupload ulang postingan pengguna media sosial yang cukup populer. 

Untuk lebih mudah ditemukan, para pengguna menggunakan fitur tag. Namun, dalam memaksimalkan konten jenis ini. Jangan lupa untuk selalu memberi credit pada pemilik postingan yang asli. 

Sebagai bentuk penghargaan pada pemilik postingan yang asli. Selain itu, untuk menghindari aktivitas yang melanggar hukum karena mengklaim karya orang lain. 

Penutup

Ternyata ada banyak sekali jenis konten media sosial yang bisa menjadi pilihan. Pastikan untuk memilih jenis konten yang tepat dan bisa dimaksimalkan sesuai dengan kemampuan.

Diskusi