Begini Cara Membuat Konten yang Menarik

Sebagai konten kreator maupun penulis konten, Anda harus membuat konten yang menarik bagi penonton maupun pembaca Anda. Namun, Anda masih bingung caranya? Daripada bingung, Anda bisa simak pembahasan berikut ini cara membuat konten yang menarik.

Saat ini, siapa yang tidak kenal dengan istilah konten? Hampir semua orang pasti mengenalnya. Meski demikian, sebelum membahas cara membuat konten yang menarik, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu apa itu konten?

Konten adalah informasi yang berisi berbagai muatan dan disajikan melalui berbagai media, seperti tulisan, suara, gambar, maupun video. Jadi, bisa dikatakan konten adalah informasi yang ingin disampaikan kepada penonton maupun pembaca.

Mengingat pentingnya peranan konten, tak heran Anda diminta untuk memberikan konten yang berkualitas dan menarik. Hal ini untuk membuat penonton maupun pembaca tertarik melihat konten yang Anda berikan.

Ciri-Ciri Konten Menarik

Sebelum mengetahui cara membuat konten yang menarik, seharusnya Anda sudah tahu ciri-ciri dari konten yang menarik. Untuk itu, simak pembahasan berikut ini mengenai ciri-ciri konten menarik yang bisa Anda ketahui dan pahami.

1. Konten Alami dan Punya Ciri Khas

Selain konten yang bertujuan SEO, ternyata konten yang alami dan memiliki ciri khasnya banyak digemari penonton maupun pembaca. 

Tak perlu khawatir konten Anda tak terbaca di Google, sebab Google memiliki robot yang akan membaca konten Anda yang alami dan berciri khas.

2. Konten Tidak Bertele-Tele

Konten yang menarik ditandai dengan konten yang memuat muatan tak bertele-tele alias langsung ke inti melalui poin-poin penting yang ingin disampaikan. Dengan begitu, penonton maupun pembaca tidak suntuk melihat konten Anda yang to the point.

3. Konten Berisi Informatif

Konten menarik biasanya memuat muatan informatif bagi penonton maupun pembaca. Jadi, mereka senang melihat konten Anda karena ada informasi yang belum mereka ketahui. Dengan begitu, konten tersebut menjadi konten menarik di mata mereka.

4. Konten Friendly

Konten menarik juga ditandai dengan konten yang bersifat friendly. Maksudnya, konten tersebut menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku dan terlihat kaku atau serius. Penonton maupun pembaca Anda akan malas melihat konten Anda.

Oleh karena itu, banyak konten friendly yang disukai penonton maupun pembaca karena si pembuat konten seakan berbicara dengan penikmat kontennya seperti seorang teman.

Cara Buat Konten Menarik

Setelah mengetahui ciri-ciri dari konten yang menarik, Anda pun ingin mengetahui cara buat konten menarik? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai cara membuat konten yang menarik yang bisa Anda lakukan.

1. Lakukan Riset Ide Konten

Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk ide konten. Anda bisa melakukannya dengan melihat hal tren akhir-akhir ini atau memilih ide yang evergreen. Pastikan ide konten yang Anda buat fresh dan tidak monoton.

Bagi Anda yang ingin membuat ide konten yang hampir sama dengan konten orang lain, Anda bisa mengakalinya dengan ciri khas yang dimiliki dari konten Anda tersebut. Dengan begitu, meski kontennya sama, tetapi memiliki ciri khas yang berbeda.

2. Buat Judul Menarik

Anda harus bisa membuat judul atau headline konten yang menarik. Jadi, sekali membacanya, penonton atau pembaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut isi dari konten yang Anda sajikan. Gunakan kata-kata yang menarik perhatian audiens.

3. Pilih Nada atau Tone Sesuai

Anda ingin membuat konten dengan mengenalkan produk atau merek? Anda bisa memilih nada atau tone yang sesuai dengan target penonton atau pembaca Anda. Dengan begitu, Anda bisa menarik lebih banyak penonton atau pembaca.

Biasanya, ini digunakan untuk membuat konten media sosial. Anda harus memperhatikan gambar maupun video yang diunggah agar menarik di mata penonton atau pembaca.

4. Ciptakan Engagement Content

Usahakan Anda membuat konten yang bisa menciptakan engagement kepada penonton atau pembaca. Anda bisa membuat konten dengan bahasa yang menarik penasaran penonton atau pembaca sehingga mereka akan melihat konten Anda hingga selesai.

5. Buat Konten Singkat dan To the Point

Anda bisa membuat konten yang singkat, tetapi to the point sehingga penonton atau pembaca tak bosan melihat konten Anda. Atur bahasa pada konten Anda semenarik mungkin agar mereka senang melihat konten Anda.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai konten, ciri-ciri, hingga cara membuat konten yang menarik. Dengan menyimak artikel di atas, Anda sudah tidak lagi bingung membuat konten yang menarik.

Diskusi