Cara Buat Poster di Canva dengan 5 Langkah Mudah

Poster jadi salah satu media promosi iklan atau media penyebaran informasi yang terbilang efektif. Apalagi pembuatan poster jadi lebih gampang saat ini, Anda cukup mengandalkan aplikasi bernama Canva. Sudah tahukah Anda cara buat poster di Canva?

Jika belum, Anda berada di halaman yang tepat. Karena di sini Anda akan menyimak penjelasan lengkap mengenai tutorial membuat poster yang menarik hanya dengan menggunakan satu aplikasi yaitu Canva. Simak langsung ulasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Canva

Aplikasi Canva adalah aplikasi desain grafis online yang memudahkan pengguna untuk mendesain berbagai hal. Mulai dari desain logo, poster, infografik, desain web, newsletter, thumbnail YouTube, desain kemasan, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone maupun PC atau laptop. Tampilannya juga sangat mudah dipahami sehingga bagi Anda yang pemula tetap bisa menggunakan Canva. Canva tersedia dalam versi gratis dan ada juga yang versi berbayar. 

Pada versi gratis Canva Anda bisa menikmati 250.000+ template menarik, kapasitas penyimpanan desain hingga 5 GB, kustomisasi teks, background, ratusan ikon, filter, dan elemen lainnya. 

Untuk menikmati pengalaman lebih dalam mendesain menggunakan Canva Anda bisa membeli Canva Pro yang fitur-fiturnya lebih lengkap. Anda bisa memilih diantara keduanya sesuai kebutuhan.

Cara Buat Poster di Canva

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Canva memudahkan Anda untuk membuat media apa saja. Termasuk membuat poster, hanya butuh beberapa langkah sebagai berikut:

1. Pertama, buka aplikasi Canva, lalu ketik "poster" di kolom pencarian yang ada di Beranda.

2. Jika sudah, akan muncul banyak pilihan desain sesuai kebutuhan pengguna. Seperti desain poster untuk acara atau event, pembukaan perdana, pengumuman lelang seni, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

3. Pilih salah satu desain yang menurut Anda paling cocok untuk memulai proses editing.

4. Lakukan editing sesuai kebutuhan Anda dengan memilih template sesuai tema poster yang diinginkan. 

5. Anda bisa mengubah huruf, jenis, dan ukuran hurufnya. Anda juga bisa menyisipkan gambar, emoji, merubah warna, menyesuaikan layout, dan pengaturan lainnya.

6. Buat poster Anda lebih menarik dengan menggunakan berbagai elemen desain seperti ikon, stiker, foto, bingkai, kisi, dan lain-lain. 

7. Jika desain poster Anda sudah jadi, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu dan  tinggal mencetak poster kualitas tinggi lewat Canva Print. 

8. Anda bisa menyimpan desain dalam berbagai format dan mengedit desain kapanpun Anda mau. Anda juga bisa membagikan desain poster pada rekan Anda melalui media sosial.

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi Canva membuat Anda tidak perlu lagi menyewa jasa pembuatan poster. Anda bisa dengan mudah mendesain poster sendiri dan tentu hasilnya akan sesuai dengan yang diinginkan. 

Penutup

Poster yang ada buat di Canva bisa berupa poster yang dicetak dan bisa juga jika Anda ingin membuat poster digital. Poster digital bisa disisipkan berbagai animasi ataupun video bergerak yang tentu lebih menarik dan lebih dinamis.

Poster digital yang Anda buat di Canva bisa Anda sebarkan melalui internet. Ini bisa jadi pilihan yang cukup efektif, apalagi hampir semua orang melakukan aktivitas melalui internet. Menggunakan aplikasi Canva jadi cara mudah dalam membuat media untuk publikasi.

Dengan aplikasi Canva Anda bisa membuat macam-macam media publikasi dengan mudah. Cara buat poster di Canva sangat mudah, bukan? Anda bisa langsung mendownload aplikasinya di Play Store dan membuat poster sekarang juga.

Diskusi