Desain Logo Produk - Tujuan, Jenis, dan Aspeknya

Logo produk menjadi salah satu aspek penting dalam penjualan. Logo Menjadi identitas sebuah produk agar mudah dikenal dan diingat masyarakat. Umumnya desain logo produk tidak hanya berfungsi sebagai pengenal saja, namun juga memiliki arti tertentu dari produk.

Tujuan Pembuatan Desain Logo Produk

Desain logo produk tentunya dibuat dengan tujuan tertentu. Berikut beberapa tujuan dari pembuatan logo produk:

1. Marketing

Logo merupakan salah salah satu aspek penting untuk meningkatkan awareness terhadap suatu produk. Logo menjadi bentuk penggambaran maupun identitas dari produk ataupun perusahaan. Oleh karena itu, logo akan menjadi citra dari perusahaan atau produk. 

2. Menarik Perhatian

Logo harus menarik perhatian konsumen, sehingga dapat menimbulkan rasa ingin tahu atau rasa penasaran dari target pasar. Logo bukan hanya gambar yang dilihat dan dilupakan begitu saja, namun desain logo produk harus bisa diingat oleh konsumennya. 

Logo yang baik sifatnya timeless atau tak lekang oleh waktu. Logo ini dapat menjadi ciri khas dari produk.

3. Trend

Persaingan dalam dunia industri semakin ketat. Semua perusahaan telah melakukan penjualan dengan baik dan berkualitas. Selain itu, pelayanan yang diberikan juga semakin meningkat lebih baik. 

Aspek selanjutnya yang akan menjadi penentu adalah logo atau brand yang mudah diingat konsumen. Semakin mudah diingatnya logo atau merek, maka konsumen akan cenderung memilih produk tersebut. 

Jenis-jenis Logo

Secara umum, logo dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Logogram

Jenis logo ini terbuat dari simbol atau bentuk tertentu yang menunjukkan nama serta citra barang maupun perusahaan yang ditawarkan. 

2. Logotype

Desain logo produk ini terdiri dari susunan huruf dengan jenis huruf yang disesuaikan dengan citra barang atau perusahaan. Huruf yang digunakan pada logo dapat berupa inisial ataupun ejaan lengkap. 

3. Logomixed 

Jenis logo ini terdiri dari gabungan dari kedua jenis logo sebelumnya, yaitu logogram (simbol atau bentuk) dan logotype (susunan huruf). Logo jenis ini cukup banyak digunakan dalam sebuah produk ataupun perusahaan.

Bagaimana cara membuat logo produk

Tips Desain Logo Produk

Membuat desain logo produk tidak semudah kelihatannya. Logo ini memiliki kaitan dan desain yang dapat mewakili nilai-nilai dari sebuah bisnis atau produk. Selain itu, para desainer juga perlu memastikan agar logo yang diciptakan unik. 

Berikut beberapa tips membuat logo produk untuk menciptakan logo yang unik dan menarik:

1. Gunakan Teknik Visual Double Entendre 

Double entendre merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan sebuah gambar yang memiliki dua makna. Trik ini dapat digunakan saat Anda akan membuat logo untuk bisnis yang sedang Anda jalani. 

Desain visual ini akan memberikan kesan yang cerdas dan artistik pada logo. Rancangan desain double entendre dapat memberikan nama brand tanpa perlu mencantumkannya sebagai teks pada logo. Tips Ini akan membuat logo perusahaan Anda mudah diingat masyarakat. 

2. Sesuaikan Padanan Warna

Warna memiliki arti tersendiri dan dapat digunakan secara efektif pada logo untuk mengomunikasikan nilai dan ide dari sebuah brand. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan palet warna yang saling melengkapi satu sama lain saat mendesain logo. 

Tidak hanya itu, padanan warna yang tepat dapat membuat logo terlihat lebih hidup dan realistis. 

3. Gunakan Font yang Telah di-Custom

Ada banyak logo perusahaan atau produk yang hanya berupa tulisan. Hal ini cukup wajar, karena typography menjadi tren dalam desain logo produk. Agar memiliki kesan yang lebih unik, desainer perlu menggunakan huruf yang telah di-custom sendiri.

Sebenarnya tidak slahuntuk menggunakan huruf umum yang telah tersedia. Namun, huruf kreatif yang dapat menyesuaikan visi dan misi brand akan terlihat lebih otentik.

4. Memanfaatkan Logotype

Beberapa brand besar ada yang lebih memilih menggunakan nama brand sebagai logo. Mereka memilih alternatif dan membuat logotype sebagai rancangan desain logo perusahaan. 

Logotype sendiri merupakan sebuah desain yang menampilkan nama brand sebagai fokus utamanya. 

Keunggulan dari penggunaan logotype ini menjadikannya cara ampuh dari sebuah perusahaan atau produk yang sedang membangun brand identity. 

5. Rancang Desain yang Simple

Banyak brand besar dan terkenal memiliki logo yang simple, misalnya Nike. Rancangan desain produk yang simple justru dapat memberikan kesan brand yang berkelas. 

Tidak hanya itu, rancangan desain yang simpel ini dapat memberikan karakter pada logo dan membuatnya terlihat unik, serta memberikan makna filosofis yang terkesan mendalam. Tips ini juga sangat cocok bagi pemula yang akan membuat logo perusahaan. 

6. Ciptakan Logo yang Mudah Dikenal

Logo yang sukses adalah logo yang unik dan mudah dikenali masyarakat. Meskipun proses pembuatannya terdengar sulit, namun nyatanya tidak demikian. Dengan desain yang umum, Anda bisa menambahkan sedikit sentuhan menarik agar terlihat unik dan berbeda. 

Selain itu, Anda juga bisa memadukan warna dan menciptakan logo yang serupa dengan nama brand. Cara ini dilakukan untuk membuat logo Anda mudah dikenal.

7. Selipkan Makna Pada Setiap Elemen

Logo tidak hanya sekadar gambar yang ditentukan secara acak. Aspek penting sebagai penentu identitas brand ini memiliki fungsi yang lebih dari itu. Makna dari sebuah logo bisa dihadirkan dalam bentuk yang tersirat ataupun tersurat. 

Dalam penempatan makna pada elemen desain tentu tidaklah mudah. Sebaiknya desain logo produk dibuat sederhana, namun memiliki karakteristik khusus dibandingkan dengan logo produk atau perusahaan kompetitor. 

Oleh karena itu, ada baiknya dalam mendesain logo Anda menggunakan tenaga ahli atau konsultan. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan manfaat logo secara maksimal. 

Anda bisa memilih jasa desain logo yang sudah berpengalaman untuk membantu Anda dalam menentukan desain logo produk. Akan tetapi, jika Anda memiliki keterampilan dalam desain, Anda bisa mencoba membuat sendiri desain yang dibutuhkan. 

Saat ini sudah banyak aplikasi desain logo produk yang bisa digunakan secara gratis. Sebelum membuat logo, ada baiknya Anda mengetahui aspek-aspek pentingnya. 

Aspek-Aspek Logo

Setidaknya ada enam aspek logo yang perlu diketahui dan dipahami oleh para desainer. Berikut penjelasan tentang aspek-aspek tersebut:

  • Original and distinctive, yaitu logo harus memiliki ciri khas, keunikan, dan memiliki pembeda yang jelas dengan logo lain. 
  • Legible, yaitu logo harus bisa terbaca dan dilihat dengan jelas.
  • Simple, artinya desain logo dibuat sederhana dan mudah dipahami.
  • Memorable, maksudnya logo harus mudah diingat karena memiliki keunikan atau ciri khas. 
  • Easy associated with the company, maksudnya logo harus menggambarkan citra dari produk, perusahaan atau organisasi. 
  • Easily adaptable for all graphic, maksudnya logo mudah diterapkan dengan baik dalam bentuk fisik, warna, maupun lainnya. 

Penutup

Demikian penjelasan tentang desain logo produk, pentingnya logo untuk sebuah produk atau perusahaan, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan logo. Ciptakanlah logo yang menarik dan unik agar produk Anda mudah diingat oleh masyarakat. 

Diskusi