Ketahui 5 Peluang Bisnis di Era Digital

Perkembangan digital yang semakin marak memberikan dampak positif untuk faktor ekonomi masyarakat. Hal ini sering dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menerapkan usaha berbasis modern. Peluang bisnis di era digital tumbuh cepat, sehingga keuntungan melimpah.

Semakin banyaknya ide bisnis digital, semakin besar juga keunikan dan kekreatifitasan sebuah bisnis diciptakan. Saat ini, bahkan sebagian besar permintaan konsumen cenderung ingin yang serba cepat, instan, dan modern. Seperti apa peluang bisnis digital di Indonesia?

Perkembangan Bisnis Indonesia di Era Digital

Jika diperhatikan, perusahaan-perusahaan besar yang telah lama dibangun mampu dengan cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tetap mempertahankan citra perusahaan dengan baik. Hal ini dikarenakan mereka sanggup untuk bertransformasi ke teknologi yang lebih baru.

Perkembangan bisnis digital di Indonesia saat ini juga sudah meningkat dengan inovasi-inovasi baru. Keberadaan dari teknologi yang semakin canggih akan selalu memudahkan kegiatan masyarakat karena lebih cepat, modern, dan mudah.

Pengertian bisnis digital sendiri adalah sebuah bisnis yang dijalankan dan diciptakan dengan basis teknologi modern, sehingga kegiatan menjual dan memasarkan produk akan jauh lebih unik, inovatif, dan serba mudah.

Perbandingan antara bisnis modern dengan tradisional bahkan bisa terlihat berdasarkan efisiensi dan efektivitas dari pembuatan produknya sendiri. Peluang bisnis di era digital tentu akan terlihat lebih menjanjikan dibandingkan bisnis tradisional yang memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Manfaat Teknologi untuk Peluang Bisnis di Era Digital

Semakin berkembangnya bisnis digital di Indonesia, semakin sejahtera juga kehidupan masyarakat. Hal ini karena berpeluang besar untuk menyediakan lapangan kerja, sehingga adanya teknologi dianggap dapat memperluas prospek kerja bisnis digital.

Tidak perlu mengeluarkan tenaga dan biaya yang besar, cukup menunjukkan skill yang relevan dengan lapangan kerja, perusahaan akan dengan cepat melirik Anda.

Wajib Anda ketahui bahwa sekarang ini sudah banyak pekerjaan yang berbasis komputer maupun teknologi modern lainnya yang berpeluang untuk sukses, seperti analisis data, web developer, software developer engineer, hingga bisnis desain.

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan peluang bisnis di era digital, perlu diketahui dahulu apa manfaat dari keberadaan perkembangan teknologi untuk nasib bisnis Anda :

1. Efektivitas dan Efisiensi Lebih Diutamakan

Tujuan utama dikembangkannya teknologi adalah untuk mempermudah hidup manusia yang sebelumnya serba tradisional dan kuno, kini bisa dilakukan dengan serba instan tanpa perlu tenaga yang banyak.

Selain itu, Anda akan memperluas peluang sukses bisnis karena dengan meningkatnya perkembangan teknologi, permintaan konsumen pun akan lebih menuntut Anda untuk menghasilkan produk serba instan.

 2. Manajemen yang Lebih Mudah

Sistem manajemen SDM akan lebih dipermudah dengan memanfaatkan teknologi. Dengan diterapkannya sistem modern pada sebuah perusahaan, pelayanan terhadap SDM akan serba mudah dengan mengaktifkan aliran data yang lancar untuk semua divisi.

Selain itu, sekarang ini juga sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan perangkat lunak atau fitur menarik yang dapat mendukung dan mengoptimalkan seluruh kegiatan operasional perusahaan. 

3. Adanya Inovasi yang Terus Berkembang Lebih Baik

Perkembangan bisnis di era digital memberikan peluang bagi perusahaan di sektor industri untuk selalu mengembangkan dan menciptakan produk serta layanan yang sebelumnya tidak mampu dibuat.

Jadi, bisa dibilang bahwa era digital ini mampu menciptakan pebisnis-pebisnis yang kreatif, inovatif, dan unik, sehingga dapat menghasilkan layanan atau produk yang tepat sasaran.

Berbagai ide bisnis yang telah lama mereka buat kini akan dibantu dengan mudah karena banyaknya peluang bisnis di era digital. Beberapa perusahaan yang menciptakan inovasi baru di Indonesia adalah gojek online, halodoc, dan sebagainya.

Peluang Bisnis di Era Digital yang Cepat Sukses

Perkembangan teknologi yang pesat memaksa Anda untuk menjadi individu yang berpikiran kritis, modern, dan efisien. Untuk itu, sebagai pebisnis pemula Anda harus bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman.

Selain bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan, ide bisnis digital ini mampu meningkatkan sektor industri di Indonesia dan mampu mengubah Indonesia menjadi negara maju.

Nah, ada apa saja peluang bisnis berbasis teknologi modern sebagai langkah awal untuk membangun bisnis yang sukses?

1. Bisnis Online Shop atau E-commerce

Peluang bisnis di era digital yang paling pertama dan paling sering Anda lihat di kehidupan sehari-hari adalah menjadi seller online yang menjual barang atau produk di internet.

Ketiga jenis bisnis ini sering dianggap sama, padahal jika dilihat dari jobdesk masing-masing pekerjaannya jelas berbeda. E-commerce adalah bisnis yang tugasnya menjual, membeli, menyebar, dan memasarkan barang atau jasa dengan bantuan jaringan teknologi.

E-commerce biasanya sering disebut marketplace karena marketplace sendiri merupakan media atau platform yang berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan online transaction.

Lain halnya dengan bisnis online shop yang menggunakan lebih dari 1 media untuk memasarkan produknya. Biasanya, untuk melakukan bisnis online shop, Anda memerlukan berbagai jenis media sosial yang saat ini sedang trendy, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya.

2. YouTuber & Influencer

Ide bisnis digital yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Seiring banyaknya perkembangan teknologi termasuk platform yang bisa diakses sampai jaringan luas, banyak orang yang memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satunya adalah dengan menjadi YouTuber dan influencer. Seorang konten kreator mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan memiliki perangkat pendukung untuk merekam dan jaringan internet yang stabil.

3. Buka Kursus Online

Peluang bisnis di era digital yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan membuka kursus online. Bisnis yang satu ini terbukti mudah untuk dilakukan dan saat ini sudah banyak platform yang menyediakan lapangan kerja untuk para pengajar online.

Anda bisa membuka berbagai jenis kursus sesuai dengan keahlian dan kemampuan, seperti kursus bahasa asing, kursus les privat, bisnis kursus programming, hingga bisnis desain.

4. Bisnis Pembuatan Landing Page hingga Website

Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena di era digital sekarang ini banyak perusahaan atau bisnis yang membutuhkan situs web profesional untuk memasarkan jasa mereka.

Platform yang Anda buat harus dapat dioperasikan dengan mudah dan memiliki fungsi yang besar.

5. Jasa Penulis Konten

Bagi Anda yang hobi menulis dan memiliki skill dalam bidang ini, jangan ragu untuk membuka bisnis jasa penulis online. Menjadi seorang penulis sukses sekarang ini sudah ada banyak caranya dan tidak melulu melalui penerbit buku.

Ada banyak jenis penulis yang sekarang ini sedang dibutuhkan, seperti penulis konten SEO, artikel, script writer, copywriter, penulis novel atau cerpen, technical writer, ghost writer, dan masih banyak lagi.

Penutup

Nah, itulah dia ulasan mengenai peluang bisnis di era digital 2023 saat ini. Mulai sekarang, yuk jadi pebisnis yang kreatif dan inovatif, sehingga bisnis Anda berpeluang besar untuk sukses!

Namun, jangan lupa untuk selalu bersabar dan optimis karena sukses tidak diraih secara instan.

Diskusi