Ketahui Jenis Media Publikasi yang Banyak Digunakan

Sebuah perusahaan atau institusi seharusnya mencoba berbagai jenis media publikasi untuk mempromosikan citra bisnis, produk terbaru, dan lainnya. Karena tanpa media, cukup sulit bagi masyarakat untuk mendapat informasi agar dapat mengenali suatu perusahaan.

Oleh karena itu, publikasi media saat ini merupakan strategi yang paling tepat untuk memperluas bisnis. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami secara persis apa yang dimaksud dengan media publikasi dan apa saja jenis-jenisnya. 

Apa Itu Media Publikasi?

Pada umumnya, media publikasi adalah sarana promosi yang efektif dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat luas, baik dalam bentuk media (visual) dan bentuk multimedia (audio dan visual). 

Bagi sebuah perusahaan atau lembaga, media publikasi merupakan sarana yang sangat penting untuk memperkenalkan diri. 

Keterbukaan arus informasi di tengah perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan siapa saja untuk mendapatkan, mengolah, dan juga menampilkan data yang diperoleh dari internet. Hal ini erat kaitannya dengan publikasi elektronik atau HAKI.

Sebenarnya yang termasuk dalam media publikasi sangatlah beragam. Jauh sebelum teknologi meluas, orang beralih ke surat kabar, majalah, dan poster untuk menyebarkan informasi bisnis dan lainnya. 

Sampai sekarang media massa cetak masih dianggap sebagai media yang paling tepat untuk menjangkau masyarakat luas, baik media lokal maupun nasional. 

Seiring dengan perkembangan zaman, media publikasi tidak lagi hanya mencakup media cetak, tetapi juga media multimedia seperti televisi, radio, bahkan kini media sosial juga termasuk.

Jenis-jenis Media Publikasi

Media cetak dan publikasi merupakan salah satu bentuk sumber informasi yang memiliki banyak manfaat baik dari segi ekonomi maupun non ekonomi. 

Dari segi ekonomi, jelas bahwa media cetak bisa sangat efektif bila dipakai sebagai penyedia jasa/sarana promosi atau periklanan. Sedangkan dari segi non ekonomi, media cetak merupakan media informasi dan komunikasi satu arah yang sangat efektif. 

Umumnya, media biasa digunakan untuk menyampaikan informasi berupa pemberitahuan, ajakan, larangan, perintah atau teguran. Ada banyak jenis media di Indonesia, apa saja itu? Silahkan simak ulasannya berikut ini. 

1. Poster

Poster adalah salah satu jenis media publikasi (biasanya memakai kertas) dengan ukuran A4, A3 dan A2. Dipasang di papan buletin atau tempat umum lainnya. Keunggulan poster yaitu dapat dicetak dalam jumlah banyak dan jika diletakkan di tempat yang strategis. 

Selain itu, poster dapat dicetak hitam putih atau berwarna, sesuai kebutuhan dan kondisi lembaga atau instansi. Varian poster sangat beragam, seperti membuat poster berbentuk segitiga atau lingkaran yang membuat “eye catching” sendiri.

Variasi lain bisa dengan memodifikasi tempat lampiran, misalnya di buletin kampus. Dimana semua papan mading ditempel dengan kertas putih, dan ditengahnya baru ditempel satu buat poster full color. 

2. Buletin

Buletin merupakan salah satu media grafis yang dibuat oleh suatu organisasi untuk mengangkat dan mengembangkan topik atau aspek tertentu secara teratur dalam waktu yang relatif singkat. 

Biasanya buletin dibuat untuk khalayak yang lebih sempit namun masih berkaitan dengan bidang tertentu. Artikel buletin umumnya membahas topik seperti berita. Penulisan buletin memakai bahasa formal dan beberapa istilah yang dikaitkan dengan bidangnya.

Umumnya buletin juga menyertakan foto dan ilustrasi yang membuat desain lebih menarik. Biasanya banyak kampus yang menyediakan buletin untuk ditujukan kepada para mahasiswa.

3. Pamflet 

Jenis media Publikasi selanjutnya adalah pamflet. Ini merupakan bentuk komunikasi berupa leaflet yang berisi teks dan gambar mengenai informasi tertentu. Pamflet sendiri memiliki tema yang beragam, mulai dari politik hingga pendidikan.

Biasanya, pamflet digunakan untuk mempublikasikan ide-ide, baik yang bertemakan politik, agama, berita, maupun sebagai sarana promosi (iklan). Media ini umumnya lebih banyak memuat tulisan daripada gambar.

Penggunaan pamflet sangat efektif dalam meningkatkan awareness. Itulah mengapa pamflet umumnya memiliki desain yang menarik. 

4. Multimedia

Pemanfaatan dunia maya sebagai media publikasi, seperti halnya website, blog, CD interaktif, slide PowerPoint, film, musik, animasi dan lain-lain.

Media online di era saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Apalagi generasi milenial yang tidak bisa lepas dari teknologi dan perangkat smartphone mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Multimedia banyak digunakan sebagai sarana penyampaian informasi secara cepat, dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Misalnya, masyarakat Indonesia dapat mengetahui peristiwa terkini yang sedang terjadi di Amerika Serikat.

Begitu juga dengan warga negara lain yang bisa mengetahui informasi terbaru tentang Indonesia.

5. Banner

Jenis media publikasi berikutnya yaitu banner. Arti banner sendiri adalah suatu media informasi non personal yang berisi pesan-pesan promosi, yang bertujuan untuk menjual atau sekedar memperkenalkan sesuatu kepada orang banyak.

Namun ada juga pandangan lain yang mengatakan bahwa pengertian banner adalah media promosi atau publikasi yang dicetak menggunakan cetakan digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk potrait atau vertikal.

Pada dasarnya fungsi banner adalah sebagai media pemasaran yang berisi iklan, promosi, dan berbagai keperluan lainnya. Sedangkan tujuan banner yaitu untuk mempromosikan atau mengiklankan sesuatu sehingga menarik perhatian banyak orang ketika melihatnya.

6. Majalah

Pengertian majalah adalah media publikasi atau terbitan berkala yang memuat artikel dari berbagai penulis. Selain memuat artikel, majalah juga merupakan terbitan yang memuat cerpen, gambar, resensi, ilustrasi, atau ciri-ciri lain yang mewarnai isi majalah. 

karena itu, majalah dijadikan sebagai pusat informasi bacaan yang banyak dipakai sebagai bahan referensi oleh pembaca dalam mencari sesuatu. Tak hanya tulisan, di dalam majalah juga terdapat gambar-gambar yang bertujuan agar isi majalah menjadi indah dan menarik. 

Gambar tersebut dapat berupa gambar orang, gambar benda, atau gambar kartun. Di dalam majalah juga terdapat halaman iklan, sesuatu yang biasanya tidak ditemukan di buku.

7. Baliho

Jenis media publikasi yang banyak digunakan selanjutnya yaitu baliho. Reklame atau baliho merupakan media luar ruangan yang dipasang tinggi sesuai dengan situasi dimana reklame tersebut diletakkan.

Baliho secara umum didefinisikan sebagai poster dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 2 sampai 4 kali lebih besar dari ukuran poster biasanya. Jadi baliho bisa dianggap sebagai sebuah poster yang  besar.

Baliho banyak ditempatkan di tempat terbuka yang dilalui banyak orang, di tempat-tempat strategis seperti jalan raya yang banyak dilalui kendaraan dan di jalur hijau jalan utama. Tujuannya untuk menyampaikan pesan promosi pada suatu layanan atau produk.

Meski jangkauannya tidak sejauh media elektronik dan media cetak, media luar ruang cukup mempengaruhi orang yang lewat. Tak hanya mengenalkan program atau produk, baliho juga kerap digunakan politisi untuk berkampanye memperkenalkan dirinya. 

Penutup

Demikian beberapa jenis media publikasi yang sering digunakan dan paling terkenal di Indonesia. Dengan media-media tersebut, diharapkan pesan dapat tersampaikan dengan baik dan reputasi yang terbentuk di masyarakat sesuai dengan harapan perusahaan.

Diskusi