Manfaat Digital Marketing dan Langkah-langkahnya

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara digital, salah satunya marketing. Manfaat digital marketing sangat penting bagi para pelaku usaha. Digital marketing bisa mendongkrak penjualan dan pertumbuhan bisnis.

Meski begitu sayangnya masih cukup banyak yang tidak mengetahui tentang manfaat digital marketing. Strategi marketing dengan menggunakan media digital memang masih terbilang baru, tetapi tak boleh diremehkan begitu saja. 

Hal ini karena potensinya yang begitu besar untuk bisnis Anda. Bagi Anda yang sedang mengembangkan usaha, sangat penting untuk memahami apa saja manfaat digital marketing. Selengkapnya akan diulas dalam artikel ini.

Memahami Apa Itu Digital Marketing

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai manfaat digital marketing, ada baiknya kita memahami dulu definisinya. Digital marketing adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk memasarkan suatu produk atau jasa dari suatu bisnis. 

Tujuan digital marketing tentu saja untuk meningkatkan hasil penjualan sehingga pelaku usaha bisa mendapatkan profit yang ditargetkan. Strategi digital marketing yang dilakukan secara komprehensif, tentu dapat membuat suatu bisnis semakin berkembang.

Jika secara konvensional kita mengenal marketing atau pemasaran dengan cara dalam marketing atau mendatangi konsumen, pada digital marketing memanfaatkan teknologi digital. Misalnya, beriklan di media sosial atau memasarkan langsung ke target konsumen melalui email.

Manfaat Digital Marketing

Sebagai pebisnis yang baru merintis sebuah usaha mungkin anda pernah bertanya-tanya apa manfaat digital marketing bagi pelaku usaha? Tentunya ada sejumlah manfaat yang bisa anda dapatkan, yaitu:

1. Lebih Efektif Menjangkau Konsumen

Manfaat digital marketing yang pertama yaitu bisa lebih efektif menjangkau konsumen yang sudah ditargetkan oleh pelaku usaha. Hal ini karena strategi dapat dilakukan dengan mudah. Yaitu, menggunakan tools atau perangkat digital yang sudah cukup canggih. 

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan data yang lebih akurat mengenai konsumen. Misalnya, terkait kebiasaan, karakter, usia, hingga demografi nya. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat data terkait hasil strategi digital marketing yang sudah dilakukan. 

Hal ini tentunya akan lebih mudah bagi para pelaku usaha dalam melakukan evaluasi. Sehingga pelaku usaha bisa menyusun strategi yang lebih baik dan paling sesuai dengan kriteria konsumen yang sudah ditargetkan. 

2. Kemudahan Melakukan Evaluasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa digital marketing akan memberikan Anda data yang cukup relevan dan komprehensif. Data-data yang bisa anda dapatkan sangat bermanfaat untuk melakukan evaluasi. 

Jadi setelah melakukan strategi digital marketing Anda bisa langsung mengamati bagaimana proses dan hasilnya. Apakah memuaskan atau tidak. Data yang akurat bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran berikutnya.

3. Dapat Menjangkau Seluruh Pasar

Salah satu manfaat digital marketing bagi UMKM yang sangat penting yaitu bisa menjangkau seluruh pasar. Ini adalah salah satu keunggulan dari dunia digital yang bisa menjangkau banyak orang tanpa batasan ruang dan waktu. 

Bagi Anda yang memang mengembangkan bisnis online hal ini tentunya sangat menguntungkan. Karena semakin besar wilayah yang dicangkup dan semakin banyak konsumen yang terlibat, maka potensi bisnis Anda untuk tumbuh juga semakin besar. 

Selain itu Anda juga bisa melakukan kampanye atau iklan selama 24 jam. Anda tidak perlu khawatir mengganggu waktu target konsumen karena pada dasarnya setiap orang saat ini menggunakan media sosial sepanjang waktu. 

4. Lebih Murah

Manfaat lainnya yaitu biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan anda melakukan strategi pemasaran secara konvensional. Anda bisa beriklan di media sosial dengan biaya murah dan minum effort. 

Artinya, ketika Anda melakukan pemasaran secara digital anda hanya perlu menggunakan tools yang sudah ada. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempromosikan produk kepada konsumen dan turun langsung ke lapangan. 

Dengan melakukan pemasaran secara digital juga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak poster atau brosur. Hal tersebut hanya akan membuang waktu dan memperbesar biaya atau pengeluaran dari bisnis Anda.

5. Merek Semakin Dikenal Konsumen

Karena sifatnya yang sangat fleksibel serta tidak terbatas oleh ruang dan waktu, marketing yang dilakukan secara digital akan membuat merek dari suatu bisnis semakin dikenal oleh konsumen. Hal ini tentunya bermanfaat bagi Anda yang baru memulai usaha. 

Sebab, kesadaran merek di mata konsumen sangat penting. Ketika banyak orang yang sudah mengenal merek atau usaha Anda, maka ada potensi besar untuk mendapatkan konsumen yang banyak.

Bagaimana Memulai Digital Marketing?

Mengetahui apa saja manfaat digital marketing rasanya memang tidak cukup. Setelah memahaminya mungkin masih ada pertanyaan yang muncul di benak Anda, misalnya bagaimana langkah untuk memulai digital marketing. 

Jangan khawatir, Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan Target Marketing

Langkah pertama yang harus anda siapkan yaitu menetapkan target marketing. Misalnya menentukan bagaimana target marketing Anda bisa direalisasikan. Tentunya, Anda harus menetapkan target yang relevan dengan kondisi saat ini. 

Anda juga perlu mempertimbangkan siapa target konsumen yang cocok dengan spesifikasi produk Anda. Apakah mereka laki-laki atau perempuan, berapa usia mereka dan dimana lokasi tempat tinggal mereka. 

2. Membangun Konten Media Sosial

Cara menjalankan digital marketing yang paling mudah dan sangat mungkin dilakukan bagi para pemula yaitu melalui media sosial. Maka, penting untuk mengembangkan profil bisnis Anda. Buatlah akun khusus untuk bisnis tersebut. 

Setelah itu, mulailah dengan membuat konten promosi di media sosial. Ini mungkin menjadi kekurangan digital marketing bagi Anda yang belum terbiasa mengelola media sosial untuk bisnis. Anda perlu mempelajari membuat konten jika belum terbiasa. 

Promosi atau marketing yang dilakukan di media sosial harus dilakukan secara berkala dan konsisten. Itulah mengapa Anda perlu memahami cara membuat konten dan memiliki skill desain grafis.

3. Membangun Website

Selain media sosial penting juga bagi Anda yang ingin serius menjalani digital marketing untuk membuat Website bisnis. Anda memang bisa mempromosikan produk di marketplace tetapi akan lebih baik jika anda memiliki website sendiri. 

Selain bisa lebih leluasa memasarkan produk di website sendiri. Kredibilitas serta reputasi dari bisnis Anda juga semakin meningkat ketika konsumen bisa mengunjungi website dari produk yang akan mereka beli.

4. Gunakan Tool Ads

Bagi Anda yang ingin serius beriklan atau mempromosikan produk di media sosial pastikan anda menggunakan tool ads. Tool ini sangat membantu dalam digital marketing. 

Tool ads tidak hanya memasarkan produk Anda, tetapi juga akan menganalisis bagaimana kinerja iklan atau strategi pemasaran yang sudah berlangsung. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk bahan evaluasi agar strategi digital marketing Anda semakin baik.

Penutup

Demikian informasi mengenai manfaat digital marketing dan langkah-langkahnya. Di era digital seperti sekarang, menjangkau pasar dan mengembangkan bisnis akan lebih efektif dengan digital marketing.

Diskusi