Strategi Pemasaran Produk - Manfaat, Jenis, dan Variabelnya

Ketika memutuskan untuk membuka bisnis, tentu Anda harus paham strategi pemasaran produk. Terutama bisnis yang berkaitan dengan produk yang langsung berhubungan dengan konsumen. Dengan memahami strategi pemasaran Anda bisa mengetahui kondisi pasar.

Kondisi pasar dapat menjadi pertimbangan sebelum mengeluarkan produk ke pasaran. Tidak hanya itu, ada banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh jika memahami strategi pemasaran produk.

Apa itu Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran produk merupakan rencana rinci tentang bagaimana cara menjual sebuah produk atau jasa (layanan). Adanya strategi ini untuk memastikan produk atau jasa dapat dipasarkan secara efektif kepada target pasar tertentu. 

Oleh karena itu, strategi pemasaran sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. banyak pelaku usaha yang melakukan strategi pemasaran bersamaan dengan berjalannya bisnis. bahkan tidak jarang pelaku usaha mengikuti strategi yang digunakan oleh kompetitor. 

Akan tetapi,sebaiknya gunakan strategi yang tepat, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan brand awareness. 

Manfaat Strategi Pemasaran Produk yang Tepat

Mengetahui strategi dan metode pemasaran produk sangatlah penting untuk kesuksesan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, ada manfaat lain yang perlu Anda ketahui dari penerapan strategi ini.

1. Tujuan dan Target Pasar Jelas

Dengan mengetahui teknik pemasaran produk, pebisnis dapat mengetahui tujuan yang sesuai dengan target pasar. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui target pasar yang jelas berdasarkan strategi yang dilakukan. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari penjualan barang berlebih.

2. Membantu Identifikasi Produk atau Layanan Sesuai Kebutuhan Konsumen

Strategi pemasaran produk adalah cara yang tepat tentang bagaimana menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan. Pelanggan tentunya tidak akan membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan jika tidak sesuai dengan kebutuhannya.

3. Membantu Perencanaan Penawaran Produk

Manfaat strategi pemasaran produk salah satunya adalah bisa membantu pebisnis dalam perencanaan penawaran produk. Dengan perencanaan penawaran produk yang sukses, maka bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

4. Membantu Pengembangan dan Pelaksanaan Pemasaran secara Efektif

Cara pemasaran produk yang tepat dapat membantu bisnis Anda berkembang. Strategi ini memberikan rencana secara rinci untuk melakukan pemasaran dengan benar. Informasi tersebut tentu akan sangat membantu dalam pemasaran yang Anda lakukan. 

5. Lebih Mudah dalam Melakukan Persuasi Target Pasar

Mengetahui target pasar tentu sangat diperlukan. Oleh karena itu, strategi pemasaran produk sangatlah penting. Selain itu, dengan strategi ini Anda bisa melakukan persuasi kepada target pasar dan menjadikannya sebagai konsumen yang loyal. 

6. Mengetahui Kekuatan Bisnis

Strategi pemasaran akan memberikan informasi tentang kekuatan produk bisnis Anda,mulai dari kualitas hingga desain produk. Dengan mengetahui kekuatan bisnis, Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

7. Menghindari Biaya yang Tidak Diperlukan

Menjalankan bisnis tanpa strategi memungkinkan Anda mengeluarkan dana berlebih. Hal ini dikarenakan tanpa rencana yang jelas, maka Anda akan menjalankan bisnis dan mengeluarkan biaya dengan sembarangan.

8. Membantu Anda Lebih Proaktif dalam Menghadapi Risiko

Adanya strategi pemasaran produk membuat Anda bisa lebih proaktif dalam menghadapi risiko bisnis. Selain itu, Anda juga akan menyadari pentingnya asuransi dalam bisnis. Adanya asuransi membuat Anda tidak takut mencoba berbagai terobosan dalam berbisnis. 

9. Koordinasi Tim yang Lebih Jelas

Adanya strategi yang jelas membuat Anda mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab sehingga memudahkan dalam koordinasi tim. Hal ini tentu efektif untuk mencapai tujuan bisnis. 

10. Mengetahui Kapan dan Bagaimana Mempromosikan Produk

Mengetahui kapan dan bagaimana mempromosikan produk diperlukan agar mendapatkan target pasar yang sesuai. Adanya strategi pemasaran yang tepat membuat Anda lebih mudah mengetahui waktu dan cara yang tepat.

Apa saja jenis-jenis dari strategi pemasaran ini? 

Jenis Strategi Pemasaran Produk

Ada beberapa jenis strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis dari strategi pemasaran:

1. Internet Marketing

Internet marketing menjadi salah satu langkah strategi pemasaran produk yang dilakukan secara online. Jenis pemasaran ini tidak hanya tentang penjualan saja, namun juga tentang promosi, branding, serta membangun hubungan baik dengan konsumen. 

2. Sosial Media Marketing

Jenis pemasaran ini umumnya banyak digunakan oleh pebisnis yang menjual produk kuliner. Strategi pemasaran produk ini dinilai efektif. Terlebih saat ini pengguna sosial media sangat banyak. 

3. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEO) merupakan strategi bisnis untuk mendapatkan traffic di mesin pencarian yang berkaitan dengan konten-konten tertulis. Umumnya setiap konten yang ditulis harus memenuhi spesifikasi SEO sehingga dapat menempati posisi atas di mesin pencarian.

4. Content Marketing

Jenis pemasaran ini merupakan strategi pemasaran baru. Content marketing terdiri dari teks dan visual dan keduanya berkaitan dengan SEO. Konten yang dihasilkan berisi informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual. 

5. Email Marketing 

Email marketing merupakan dilakukan dengan mengirimkan email berisi iklan kepada pelanggan dan target bisnis. Cara ini menjadi salah satu yang efektif untuk melakukan pemasaran.

6. Call to Action Marketing (CTA)

Strategi pemasaran produk ini berkaitan dengan kalimat-kalimat persuasif kepada setiap orang yang melihat konten Anda. Umumnya CTA diletakkan di akhir konten yang sifatnya persuasif. 

7. Iklan Berbayar

Jenis strategi pemasaran ini akan berhubungan dengan perusahaan penyedia ruang iklan agar dapat menampilkan produk andalan bisnis Anda. Diperlukan dana untuk biaya iklan ini. 

8. Direct Selling

Strategi ini merupakan kegiatan penjualan produk secara langsung yang dilakukan pebisnis kepada konsumen, namun dalam konteks non-retail. Penjualan bisa dilakukan di kawasan perumahan, ataupun toko yang bersifat non-retail. 

9. Free Shipping

Free shipping sering dikenal dengan istilah bebas ongkir. Jika ingin melakukan strategi ini, Anda sebagai pelaku bisnis harus menentukan anggaran sendiri, menentukan batas maksimum ongkos kirim, serta menentukan produk yang mendapatkan fitur gratis ongkos kirim.

10. Time Limit

Strategi ini berdasarkan perilaku pembeli yang belanja online. Pembeli sering memutuskan belanja secara impulsif ketika melihat batas waktu (time limit) dengan harga diskon. Meskipun sebenarnya barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Variabel Strategi Pemasaran Produk

Variabel strategi pemasaran dikenal dengan istilah 4P atau marketing mix. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Product (Produk)

Produk merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan saat berbisnis. Ada beberapa elemen produk yang menjadi pertimbangan penting, yaitu fitur,kualitas, merek atau logo,keunikan serta perbedaan dengan produk kompetitor, variasi dan pengemasan.

2. Price (Harga)

Harga dan produk harus sesuai. Pelanggan pasti akan membandingkan dengan produk dari competitor. Beberapa yang harus menjadi pertimbangan dalam harga adalah nilai (value) dari produk atau jasa, perbandingan harga, dan diskon yang sering diberikan. 

3. Place (Tempat)

Tempat menjadi salah satu faktor penentu dalam kesuksesan sebuah bisnis. Dari segi tempat, hal perlu diperhatikan adalah jenis tempatnya, saluran dan jaringan distribusi, penanganan produk, serta bagian logistik.

4. Promotion (Promosi)

Promosi dapat meningkatkan brand awareness. Sebelum melakukan promosi, Anda harus memperhatikan waktu pelaksanaan promosi, media yang digunakan serta mempelajari bagaimana competitor melakukan promosi. 

Penutup

Demikian pembahasan tentang pentingnya strategi pemasaran produk serta jenis-jenisnya. Dengan memahami strategi ini diharapkan bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Diskusi