5 Cara Iklan di Shopee, Tips untuk Pemula

Saat ini, aplikasi Shopee tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi jual-beli, tetapi juga bisa menjadi salah satu cara mengiklankan produk yang dijual. Meski begitu, terkadang orang ragu melakukannya karena takut boncos. Nah, bagaimana cara iklan di Shopee?

Boncos merupakan hal yang wajar ketika Anda melakukan pemasaran produk kepada publik. Salah satu alasan ini terjadi adalah karena teknik pemasaran yang kurang tepat, sehingga hasil tidak memuaskan dan kurang sesuai dengan yang direncanakan. 

Manfaat Digital Marketing di Shopee

Sebuah bisnis yang sukses dapat didukung dengan peran pemasaran produk atau jasa yang sesuai dan tepat sasaran. Oleh karena pentingnya promosi dalam bisnis, para pelaku usaha selalu mengupayakan yang terbaik untuk metode pemasaran perusahaan.

Meski begitu, tidak kecil kemungkinannya untuk gagal atau mengalami boncos ketika memasarkan produk. Anda harus melakukan segala macam riset produk dan minat konsumen agar marketing yang dilakukan dapat selaras.

Apabila Anda ingin melakukan promosi terhadap barang Anda, ada salah satu fitur menarik di Shopee yang bisa Anda coba. Jika Anda belum pernah melakukannya, yuk cari tahu manfaat digital marketing di Shopee!

1. Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Salah satu keuntungan menggunakan Shopee sebagai platform digital marketing bisnis Anda adalah lebih hemat waktu dan biaya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Shopee hanya menarik biaya berdasarkan jumlah klik iklan yang Anda pasang.

Jadi, Anda hanya cukup membayar jika ada pelanggan atau audiens yang mengunjungi iklan Anda. 

2. Meningkatkan Traffic

Apa tujuan dari promosi dan mengiklan barang atau jasa yang Anda jual? Tentu saja agar usaha Anda lebih dikenal khalayak luas. Semakin banyak yang mengenal produk Anda, semakin banyak juga engagement yang bisa Anda peroleh.

Dengan begitu, jangkauan marketing Anda bisa sangat luas jika menggunakan aplikasi Shopee, terlebih sekarang ini Shopee sedang trend dan banyak yang menggunakannya.

3. Budget Fleksibel

Nah, keuntungan lainnya ketika menggunakan Shopee sebagai salah satu media promosi Anda adalah karena iklan yang dipasang sangat fleksibel sesuai dengan budget yang sekarang Anda miliki.

Modal untuk memulai beriklan biasanya Rp 25 ribu, tetapi Shopee juga akan merekomendasikan Anda untuk menyiapkan budget lebih dengan minimal Rp50 ribu untuk pertama kali mengiklankan produk di Shopee.

5 Cara Iklan di Shopee agar Tidak Boncos

Untuk Anda yang ingin menggunakan Shopee Ads, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar tidak terjadi boncos pada iklan Anda :

1. Tujuan Pemasangan Iklan

Salah satu kesalahan pelaku usaha dalam mengiklankan produknya adalah tidak menentukan tujuan dari pemasangan ads. Setiap iklan yang dipasang memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda. 

Ada beragam tujuan ketika mempromosikan produk, seperti ingin usahanya trending dan dikunjungi oleh banyak pelanggan, untuk mendapatkan keuntungan, hingga membuat citra bisnis yang lebih baik dengan teknik marketing yang unik dan beda dari yang lain.

2. Tentukan Perencanaan Budget Iklan

Cara iklan di Shopee yang kedua adalah dengan membuat budget planning. Sebagai pelaku usaha, wajar jika Anda berpikir cukup hati-hati dengan kegiatan pemasaran ini karena takut modal yang diperlukan sangat besar.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mencatat dan membuat perencanaan budget. Nah, untuk beriklan di Shopee, ada 3 hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu closing rate, profit produk, dan budget clicks.

Closing rate adalah hasil perhitungan dari jumlah orang yang membeli produk Anda karena melihat iklan yang Anda pasang dan biasanya berbentuk persenan.

Dari pembelian per klik atau per orang ini, Anda bisa menentukan budget maksimumnya. Untuk menentukan berapa jumlah maksimum budget, harus disesuaikan juga dengan profit produk.

3. Lakukan Percobaan

Untuk memaksimalkan promosi yang Anda lakukan di Shopee, Anda bisa testing iklan atau melakukan percobaan untuk pertama kali. Namun, tentu saja dengan perencanaan yang matang, seperti top-up iklan pertama, bid, tipe audiens yang ditarget, hingga margin minimalnya.

Penutup

Itulah dia ulasan singkat terkait cara iklan di Shopee untuk pemula. Apabila Anda sudah tahu cara mengiklankan produk di Shopee, saatnya untuk berjualan! Jangan lupa untuk selalu optimis dan bersabar dalam menjalankan bisnis, ya!

Diskusi