Cara Membuat Website Gratis Tanpa Coding

Website merupakan salah satu platform promosi bisnis selain media sosial. Sebagian besar perusahaan menggunakan website untuk memasarkan jasa mereka dan mengembangkannya sendiri. Nah, bagaimana cara membuat website gratis tanpa coding dan ribet?

Membuat website sendiri mungkin dianggap sulit karena hanya orang yang memiliki keahlian dalam pemrograman sajalah yang mampu melakukannya. Padahal, jika Anda mengetahui cara mudahnya, Anda tidak perlu ribet coding atau bahkan membayar jasa web developer.

Cara Membuat Website Tanpa Coding Anti Ribet

Digital marketing bisa dilakukan melalui online dengan cara membuat website sendiri untuk bisnis Anda. Di sini, Anda bisa membuat konten mengenai produk yang Anda jual dan seputar bisnis Anda.

Akan tetapi, sebagian besar pelaku usaha mungkin masih berpikiran bahwa website bisa dibuat dengan cara yang susah dan memerlukan keahlian dalam coding, seperti ASP, PHP, dan bahasa pemrograman lainnya.

Padahal, sekarang ini Anda sudah bisa membuat website sendiri tanpa coding sejak adanya CMS (Content Management System) juga website builder. Tidak hanya website untuk bisnis, tetapi juga website personal, blog, dan sebagainya.

Anda tentu mengenal perangkat lunak yang namanya WordPress, bukan? Nah, ini adalah salah satu contoh dari website builder yang bisa Anda gunakan dengan mudah sekaligus gratis, loh! 

Ingin tahu caranya? Yuk, simak cara membuat website gratis tanpa coding berikut ini!

1. Tentukan Jenis Website yang Ingin Dibuat

Untuk bisa membuat website, tentunya Anda perlu mengetahui karakteristik dari website yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda juga lebih bisa menghemat waktu dalam melakukan pengeditan atau perbaikan halaman katalog.

Ada beberapa jenis website yang wajib Anda ketahui dan paling umum digunakan :

  • Personal website, yaitu website yang biasanya digunakan untuk keperluan pribadi dan umumnya berisi topik sehari-hari, seperti artis, public figure, dan sebagainya
  • Online Shop website, yaitu jenis website yang tujuannya untuk berjualan online, sehingga kontennya berisi katalog produk dan terkait toko online itu sendiri
  • Blog, yaitu website yang berisi tentang artikel atau tulisan informatif dan terkini, sehingga biasanya jenis website ini yang paling menarik perhatian audiens

Selain ketiga jenis di atas, beberapa jenis website yang umum Anda temukan adalah portal berita, website regional, dan website sekolah.

2. Tentukan Jenis Platform 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sejak hadirnya CMS atau Content Management System, tersedia banyak platform website yang bisa Anda akses untuk membuat website secara gratis, bahkan tanpa coding.

Salah satunya adalah WordPress, Joomla, Shopify, Wix, Magento, Drupal, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, CMS ini adalah sistem yang mengolah seluruh konten untuk keperluan pembuatan website, mulai dari gambar, video, logo, teks, hingga template.

Nah, salah satu platform CMS yang bisa Anda gunakan secara gratis adalah WordPress.

3. Atur Hosting dan Domain

Cara membuat website gratis tanpa coding tentunya harus mengatur domain serta hosting secara gratis. Contohnya, apabila Anda ingin menggunakan WordPress, website yang hendak Anda buat harus menggunakan TLD WordPress (websiteAnda.wordpress.com). 

4. Unduh Aplikasi atau Platform 

Cara selanjutnya adalah dengan mengunduh platform yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan WordPress, Joomla, Shopify, atau platform lainnya, tetapi di pemjelasan kali ini akan membahas WordPress karena perangkat ini yang paling umum digunakan.

Setelah konfigurasi domain dan hosting, Anda bisa memasang WordPress dengan mudah. Salah satu caranya dengan meminta otomatis pada pemilihan web hosting dengan cara memilih WordPress pada bagian Instal Aplikasi Web.

Nah, jika Anda sudah selesai mengunduh, saatnya mengatur tema dan tampilan website. Caranya dengan masuk ke dashboard halaman WordPress kemudian klik Appearance – Themes – Add New.

Namun, apabila Anda ingin tampilan website sesuai dengan keinginan sendiri, Anda bisa memilih menu Customize setelah klik Themes. 

Setelah itu, Anda tinggal melakukan plugin supaya fitur website bisa lebih fungsional secara teknis. Jangan lupa juga untuk optimasi website Anda. 

Penutup

Demikian untuk cara membuat website gratis tanpa coding yang bisa Anda coba dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Diskusi