Ciri-Ciri Logo yang Masuk dalam Kategori Baik

Logo menjadi salah satu identitas dari suatu brand atau produk. Terdapat kriteria dan ciri-ciri logo yang baik, sehingga tidak bisa dibuat asal dan begitu saja. Karena logo adalah gambaran perusahaan yang menaungi produk tersebut untuk memvisualisasikan dalam bentuk lambang.

Kata logo sendiri diambil dari bahasa Yunani. Logos yang mengandung makna akal dan buah pikiran. Lalu semakin berkembang pada tahun 1810-1840 sebagai logotype yang memiliki arti nama suatu entitas dengan pembentukan khusus, serta menggunakan huruf tertentu yang unik.

Fungsi Suatu Logo

Sebelum masuk dalam bahasan mengenai ciri-ciri logo yang baik, perlu kita ketahui bahwa logo produk tidak sebatas sebuah gambar atau tulisan. Fungsi utama dari gambar atau tulisan logo ialah untuk menancapkan kesan pertama kepada konsumen terkait karakteristik brand tertentu.

Selain itu, peran gambar entitas tersebut juga untuk membranding produk dengan yang sudah ada di pasaran dan menjadi biodata dasar yang membedakan satu produk dengan produk lainnya yang kerap kali dianggap serupa. Ini artinya logo sangatlah penting bagi perusahaan dan produk.

Syarat Sebuah Logo Dapat Dikatakan Baik

Ciri-ciri logo yang baik bukan relatif layaknya kepribadian manusia. Akan tetapi, adalah yang mengikuti aturan, serta kriteria mendasarnya. Untuk itu berikut merupakan syarat logo yang sudah sesuai dengan aturannya.

1. Tidak Bertema Abstrak yang Berlebihan

Logo dengan tema abstrak memang sedang trend, tetapi tidak disarankan dibuat terlalu abstrak karena fungsi sebuah logo adalah juga dimaksudkan untuk menyampaikan suatu pesan. Ketika konsumen hanya mampu membaca gambar tanpa tahu pesan, maka logo tersebut adalah gagal.

2. Abadi Dalam Waktu Lama

Maksud dari kata abadi ialah logo harus mampu mengikuti jaman. Untuk menyiasati hal ini, maka entitas perlu mempertimbangkan akankah dalam kurun waktu 10-20 tahun ke depan, gambar yang menggambarkan logo tersebut dapat tetap sesuai dengan perubahan kedepannya.

3. Menggambarkan Kesederhanaan

Terlalu banyak masukan dalam penggambaran logo bisa disiasati dengan bentuk sederhana. Jika kamu berpikir sederhana terlalu biasa, maka kamu perlu merubah pemikiran tersebut. Logo yang sederhana justru akan membuat konsumen mudah mengingatnya dan mudah dikenali siapa saja.

4. Mampu Memberi Kesan yang Kuat

Seperti pada penjelasan di awal bahwa logo menjadi pemberi kesan utama, maka setelahnya gambar atau tulisan logo harus bisa memberi kesan kuat. Kesan ini dapat terealisasi melalui penyampaian pesan dalam bentuk logo sederhana, namun tetap  menggambarkan suatu entitas.

5. Sesuai Dengan Target Pasar yang Dituju

Lambang produk tidak hanya menjelaskan entitas atau perusahaannya, namun juga harus mampu memvisualisasikan target pasarnya. Dapat kita ambil contoh bisnis cake custom, maka font dan warna bisa dibuat dengan font yang lucu dengan full colour, serta tambahkan logo siluet kue tart.

Penutup

Itu tadi 5 syarat dasar dan mutlak dalam untuk memenuhi ciri-ciri logo yang baik. Sebenarnya masih ada ciri lainnya, akan tetapi kelima point di atas adalah ciri utamanya. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, maka kamu perlu meneliti ulang begitu logo selesai dibuat atau digambarkan.

Mengingat ada beberapa entitas atau perusahaan yang ditarik edar karena menerima kritik dari konsumen. Hal ini karena begitu ada perubahan logo melalui reposisi logo sebelumnya, terdapat makna lain yang dianggap tidak sesuai dan justru tidak pantas, sehingga menimbulkan kontra.

Diskusi