Jam Posting Instagram Hari Minggu dan Lainnya yang Efektif

Konten kreator menjadi salah satu pekerjaan yang banyak digandrungi anak muda saat ini. Media sosial, salah satunya instagram memiliki peranan penting bagi para konten kreator. Kira-kira menurut Anda, jam posting instagram hari Minggu paling tepat jam berapa?

Pentingnya Jam Posting Instagram

Mendapatkan jangkauan atau inpresi yang tinggi menjadi salah satu capaian yang menjadi target. Bukan hanya oleh para konten kreator, namun juga bagi yang ingin memasarkan produk melalui media sosial jangkauan media sosial sangatlah penting.

Tidak jarang para konten kreator maupun pemasar mencari tahu jam posting instagram yang tepat. Hal ini tentu saja agar dapat menjangkau pengikut dengan lebih efektif.

Pada umumnya, media sosial memiliki algoritma yang memungkinkan penggunanya menemukan unggahan akun yang diikuti. Algoritma ini sesuai dengan preferensi masing-masing. 

Menggunakan media sosial tidak hanya tentang memuat konten media sosial saja. Pengguna juga harus memikirkan strategi yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak orang. 

Salah satu caranya adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk mengunggah konten di Instagram.

Jam Posting Instagram yang Efektif

Dalam hal tujuan pemasaran, setiap media sosial memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini tergantung pada tujuan yang ingin dicapai, tipe konten yang diunggah, serta target pasar yang ditentukan. 

Algoritma instagram memprioritaskan keterkinian. Oleh karena itu, salah satu kunci yang bisa diterapkan adalah dengan mengunggah konten saat pengikut Anda sedang online. 

Dengan cara ini postingan Anda akan berpeluang muncul lebih besar di halaman beranda followers.

Secara keseluruhan, ada sedikit perbedaan waktu posting instagram. Hal ini dikarenakan instagram memiliki rincian yang spesifik setiap harinya. 

Berikut jam posting instagram secara spesifik yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas:

Hari Senin

Mengunggah postingan di Instagram di hari Senin bisa dilakukan pada pukul 12 siang. Waktu ini merupakan saat jam istirahat dan makan.

Hari Selasa

Pada umumnya keterlibatan pengikut pada hari Selasa akan meningkat di pagi hari. Anda bisa mengunggah postingan sekitar pukul 8 hingga 10 pagi. Namun puncak jangkauan tertinggi pada hari ini berada di jam 9 pagi. 

Hari Rabu

Secara keseluruhan, hari Rabu merupakan salah satu hari yang banyak mendapat keterlibatan tinggi dari pengikut. Anda bisa mengunggah postingan di Instagram sekitar pukul 11 siang di hari Rabu.

Hari Kamis

Secara umum, Anda bisa mengunggah postingan di hari Kamis mulai pukul 11 hingga 2 siang. Puncak dari jangkauan tertinggi pada hari ini terjadi di jam 12 siang.

Hari Jumat

Bagi Anda yang ingin mengunggah postingan pada hari Jumat, Anda bisa mulai posting di jam 7 pagi hingga 2 siang. Hal ini dikarenakan pada jam tersebut memiliki konsistensi keterlibatan pengikut yang cukup tinggi dari pagi hingga waktu jam makan siang. 

Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda mengunggah postingan di jam 2 siang karena algoritma instagram akan menjangkau lebih banyak pengikut di jam tersebut.

Hari Sabtu 

Memasuki akhir pekan di hari Sabtu, Anda bisa mengunggah postingan di instagram mulai pukul 9 pagi. Umumnya, pengguna instagram akan menyiapkan rencana akhir pekan setelah jam tersebut.

Hari Minggu

Jam posting instagram hari Minggu yang tepat yaitu pada pukul 7 malam. Hal ini dikarenakan keterlibatan pengikut di hari Minggu akan konsisten sepanjang sore dan malam hari hingga pukul 8 malam.

Penutup

Selain memperhatikan jam posting instagram hari Minggu dan hari-hari lainnya, Anda juga harus memperjelas tujuan strategi dalam setiap unggahan Anda. Dengan demikian, konten di instagram Anda bisa mendapatkan jangkauan atau impresi yang tinggi.

Diskusi